Selasa, 27 November 2012

Barbie



 Ruth Handler menyaksikan putrinya Barbara bermain dengan boneka kertas, dan menyadari bahwa ia sering menikmati memberi mereka peran orang dewasa. Pada saat itu, boneka mainan anak-anak yang kebanyakan adalah representasi dari bayi. Menyadari bahwa mungkin ada celah di pasar, Handler mengusulkan ide sebuah boneka dewasa bertubuh untuk suaminya Elliot, salah satu pendiri dari Mattel perusahaan mainan. Ia adalah antusias tentang ide, seperti direktur Mattel.
   


 Selama perjalanan ke Eropa pada tahun 1956 dengan anak-anaknya Barbara dan Kenneth, Ruth Handler menemukan sebuah boneka mainan Jerman bernama Bild Lilli. Boneka dewasa-pikir adalah persis apa Handler yang ada dalam pikiran, jadi dia membeli tiga dari mereka. Dia memberikan satu untuk putrinya dan mengambil yang lain kembali ke Mattel. Boneka Lilli didasarkan pada karakter populer muncul dalam komik strip diambil oleh Reinhard Beuthin untuk koran Die Bild-Zeitung. Lilli adalah bom pirang, seorang gadis yang bekerja yang tahu apa yang dia inginkan dan tidak di atas menggunakan manusia untuk mendapatkannya. Boneka Lilli pertama kali dijual di Jerman pada tahun 1955, dan meskipun awalnya dijual untuk orang dewasa, itu menjadi populer dengan anak-anak yang menikmati riasnya di pakaian yang tersedia secara terpisah.
 Boneka Barbie pertama diperkenalkan di pirang kedua dan rambut cokelat, Maret 1959.


  Setelah kembali ke Amerika Serikat, Handler ulang desain boneka (dengan bantuan dari insinyur Jack Ryan) dan boneka diberi nama Barbie, setelah Handler putri Barbara. Boneka memulai debutnya di American International Toy Fair di New York pada tanggal 9 Maret 1959. Tanggal ini juga digunakan sebagai hari ulang tahun resmi Barbie.
  Mattel memperoleh hak untuk boneka Lilli Bild pada tahun 1964 dan produksi Lilli dihentikan. Boneka Barbie pertama mengenakan hitam dan putih zebra baju renang bergaris dan tanda tangan topknot ekor kuda, dan tersedia baik sebagai pirang atau cokelat. Boneka ini dipasarkan sebagai "Model Teen-usia Fashion", dengan pakaian yang dibuat oleh Mattel perancang busana Charlotte Johnson. Boneka Barbie pertama yang diproduksi di Jepang, dengan pakaian mereka dijahit tangan oleh Jepang homeworkers. Sekitar 350.000 boneka Barbie yang dijual selama tahun pertama produksi.
  Ruth Handler percaya bahwa hal itu penting bagi Barbie untuk memiliki penampilan dewasa, dan awal riset pasar menunjukkan bahwa beberapa orang tua tidak bahagia tentang dada boneka itu, yang memiliki payudara yang berbeda. Penampilan Barbie telah berubah berkali-kali, terutama pada tahun 1971 ketika mata boneka itu disesuaikan untuk melihat ke depan daripada memiliki pandangan samping sopan dari model asli.
   
 Barbie adalah salah satu mainan pertama yang memiliki strategi pemasaran berbasis luas pada iklan televisi, yang telah disalin secara luas oleh mainan lainnya. Diperkirakan bahwa lebih dari satu miliar boneka Barbie telah terjual di seluruh dunia di lebih dari 150 negara, dengan Mattel mengklaim bahwa tiga boneka Barbie dijual setiap detik.
Berbagai standar boneka Barbie dan aksesoris terkait diproduksi menjadi sekitar 1/6 skala, yang juga dikenal sebagai playscale. Boneka standar adalah sekitar 11 ½ inci tinggi.
Produk Barbie tidak hanya mencakup berbagai boneka dengan pakaian dan aksesoris, tetapi juga berbagai macam barang bermerek Barbie seperti buku, pakaian, kosmetik dan video game. Barbie telah muncul dalam serangkaian film animasi dan karakter pendukung dalam Toy Story 2 dan Toy Story 3 .
Barbie telah menjadi ikon budaya dan telah diberi kehormatan yang langka di dunia mainan. Pada tahun 1974, bagian dari Times Square di New York City diubah namanya Barbie Boulevard selama seminggu. Pada tahun 1985, artis Andy Warhol membuat lukisan dari Barbie.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar